Blog Seputar Persaudaraan Setia Hati Terate

Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat di Indonesia


Untuk melaksanakan sebuah pertandingan tentu dibutuhkan berbagai persiapan.Termasuk dalam hal ini adalah Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pencak silat merupakan warisan budaya bela diri yang telah diwariskan kepada kita secara turun temurun dari nenek moyang sejak sebelum Indonesia Merdeka dan sampai pada saat ini. Kompetisi persilatan Indonesia juga merupakan sebuah upaya agar Indonesia terus memiliki prestasi dalam berbagai bidang olahraga baik tingkat nasional maupun International.

Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat

1.Gelanggang

Gelanggang pertandingan pencak silat merupakan salah satu perlengkapan paling penting dalam laga pencak silat. Bagaimanapun juga gelanggang harus dipersiapkan sebelum pertandingan akan dilaksanakan. Ukuran gelanggang pencak silat profesional adalah 10x10 m dengan bagian tengahnya harus ada lingkaran yang memiliki diameter 8 m. Sebelum pertandingan di mulai, pastikan gelanggang tidak dalam keadaan licin. Jika licin akan berakibat fatal dan membahayakan peserta pertandingan. Gunakan perlengkapan Kain Lap untuk mengerikan bagian yang basah.

2.Seragam Pencak Silat

Salah satu perlengkapan pertandingan silat yang tidak pernah ditinggalkan adalah seragam pencak silat. Jika atlet tidak menggunakan seragam pencak silat kemunkinan besar akan didiskualifikasi sebelum mengikuti pertandingan. Pada seragam harus ada badge atau logo IPSI di bagian baju dada sebelah kiri.

3.Pluit

Perlengkapan yang satu ini tidak di tujukan untuk atlet pencak melainkan ditujukan kepada wasit pertandingan pencak. Pluit akan digunakan wasit dan juru tanding sebagai alat untuk memberitahukan kepada atlet bahwa pertandingan dimulai atau diakhiri.

4.Bendera

Tidak hanya ada di pertandingan bola kaki, pada pertandingan silat juga ada perlengkapan bendera. Bendera yang dimaksud adalah bendera bendera kecil yang memiliki ukuran 30x30cm. Standar warna bendera kecil ini adalah merah, biru dan atau kuning. Agar mudah dikibaskan, sebaiknya berikan tangkai pada bendera. Bendera berwarna kuning adalah bendera untuk perlengkapan wasit sedangkan merah dan biru adalah bendera perlengkapan untuk kedua juru tanding silat.

5.Lampu Babak

Mungkin ada yang heran kenapa lampu babak masuk kedalam perlengkapan pertandingan pencak silat. Jawabannya adalah karena akan digunakan sebagai penentu atlet mana yang berhasil memenangkan pertandingan. Warna lampu ang digunakan adalah warna-warna terang seperti warna kuning, warna merah dan warna biru. Lampu yang dinyalakan nanti adalah warna yang sesuai dengan pemenang pertandingan.

6.Papan Nilai

Papan nilai ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai jumlah poin yang didapatkan masing masing peserta pertandingan pencak silat. Papan yang digunakan boleh dari papan kayu atau menggunakan papan LED. Sebaiknya menggunakan papan LED Karena lebih efisien dan lebih canggih. Jika menggunakan papan kayu maka segala perubahan skor akan dilakukan dengan manual sedangkan menggunakan papan LED akan lebih mudah karena hanya dengan menekan tombol, otomatis atau melalui kendali jarak jauh.

7.Matras

Matras digunakan sebagai perlengkapan pertandingan pencak silat difungsikan sebagai alas penopang segala gerakan atau aktifitas kedua belah peserta ketika bertanding. Matras akan menjadi penopang pesilat ketika jatuh dan terbentur kebawah. Matras merupakan alas yang terbuat dari bahan lembut seperti busa atau gabus.

8.Stopwach
Salah satu hal yang paling berpengaruh pada penlaian wasit terhadap pertandingan antar atlet pencak silat adalah dari segi waktu. Para juri akan menilai dengan cara seksama tentang berapa jumlah atau teknik pukulan maupun tendangan. Kehadiran Stopwatch menjadi penanda waktu yang telah ditetapkan.

9.Body Protector

Body protector adalah pelindung tubuh yang akan digunakan oleh pesilat saat bertarung. Perlengkapan ini adalah salah satu perlengkapan yang sangat penting dalam pertandingan pencak silat. Body protektor akan digunakan oleh peserta pertarungan ketika bertanding agar resiko cidera tidak terlalu parah. Dengan body protector bagian bagian vital pada tubuh akan di proteksi. Bagian bagian vital yang dimaksud adalah tubuh bagian depan, kemaluan dan tulang kering.

10.Kain Lap

Terdengar sepele, akan tetapi kain lap juga dibutuhkan untuk pertandingan pencak silat di gelanggang. Dengan kain LAP lapangan licin akan bisa dikeringkan dengan cepat sehingga resiko terjatuh karena area pertandingan yang basah bisa dihindari dan diminimalisir. Seringkali lapangan menjadi basah karena terkena cairan, entah karena keringat peserta atau entah dari mana asalnya.

Dengan ini anda pasti sudah mengetahui secara singkat tentang apa saja perlengkapan pertandingan pencak silat yang dibutuhkan. Di mulai dari yang sifatnya sangat penting sampai ke perlengkapan pendukung atau perlengkapan pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tag : umum
Back To Top