Blog Seputar Persaudaraan Setia Hati Terate

Apa itu Srikandi PSHT ?

Di dalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate setiap warga memiliki budaya memanggil sedulur sesama warga dengan panggilan Mas untuk warga Lelaki dan Mbak untuk sedulur warga perempuan. Panggilan Mas dan Mbak ini berasal dari budaya suku jawa. Karena meman PSHT lahir dari pulau Jawa tepatnya Kota Madiun dan di didirikan oleh Orang Jawa. Lalu ada pula istilah Srikandi PSHT, Terate Jalanan atau terjal, semut ireng, wong ireng, wong SH dan lainnya. Pada artikel ini kita hanya membahas mengenai apa itu sebenarnya Srikandi PSHT itu ?


Istilah Srikandi PSHT belakangan menjadi cukup populer di jagat maya khususnya sosial media seperti Facebook, instagram, blog dan twitter serta media sosial lainnya. Hal ini karena memang perkembangan sosial media yang sangat pesat dan hampir setiap orang di Indonesia menggunakannya. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang-orang tua lanjut usia.

Apa dan Siapa Sebenarnya Srikandi PSHT itu ?

Srikandi sendiri berasal dari salah satu tokoh wiracarita India yaitu kisah mahabrata. Di dalam kisah tersebut srikandi merupakan seorang wanita putri dari raja Drupada dengan dewi Gandawati kerajaan Panchala. Sama halnya dengan kisah pewayangan jawa, kisahnya tidak terlalu berbeda. Srikandi sendiri versi Indonesia dari Shikandin yang secara harfiah berarti “Memiliki Rumbai-rumbai”.

Dalam kisahnya pada kehidupan sebelumnya Srikandi terlahir sebagai seorang wanita bernama Amba. Kisahnya ada di dalam kisah mahabrata jilid pertama.

Dalam PSHT, Yan dimaksud dengan Srikandi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) tidak lain adalah para pendekar-pendekar wanita PSHT yang gagah berani menjaga nama baik dan mengembangkan Persaudaraan Setia Hati itu sendiri.

Jadi Srikandi PSHT adalah pendekar-pendekar wanita PSHT atau bisa kita sebut juga warga psht yang perempuan / wanita.

Sebagai seorang pendekar wanita seorang srikandi psht haruslah mempertahankan dan menjaga harkat martabat serta kehormatannya. Selain itu juga seorang srikandi psht juga adalah seorang warga psht yang harus menjaga dan menjunjun tinggi ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate.





Tag : PSHT
Back To Top