Blog Seputar Persaudaraan Setia Hati Terate

8 Manfaat Pencak Silat Bagi Fisik dan Mental Manusia

Sebagaimana kita ketahui bahwa pencak silat adalah seni bela diri yang berkembang pesat di bangsa melayu terutama di Indonesia. Perkembangannya sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan Indonesia. Banyak sekali orang-orang yang menyukai pencak silat. Selain karena memang menantang,  memacu adrenalin dan untuk bela diri orang – orang menyukainya karena termasuk olahraga yang sehat. Pencak silat sudah termasuk kedalam olahraga. Ada Banyak manfaat pencak silat bagi manusia, sehingga banyak pula manusia yang tekun dan ulet mempelaari dan menguasai teknik-tekniknya. Baik dari teknik dasar sampai teknik mahir yang sulit dilakukan.


Manfaat Pencak Silat Bagi Manusia


1.Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Pencak silat memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Manfaat tersebut adalah koordinasi tubuh yang mantap. Dengan latihan pencak silat, tubuh menjadi fleksibel. Orang yang tekun melatih gerakan pencaknya akan memiliki tubuh yang fleksibel, lincah dan kuat.

2.Mengasah Fokus

Ada kalanya panca indra manusia mengalami kegagalan fokus dan ada kalanya panca indra manusia memiliki tingkat fokus yang sangat tinggi. Dengan latihan pencak silat yang tekun tubuh manusia akan terlatih serta tingkat fokusnya akan meningkat signifikan. Meningkatnya tingkat fokus seseorang akan sangat bermanfaat dalam segala kegiatan dan rutinitas.

3.Menambah Rasa Percaya Diri

Dengan adanya latihan yang rutin anda yang awalnya penakut secara tidak langsung berangsur-angsur akan menjadi pemberani. Hal ini hanya dikarenakan mindset anda. Anda akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri ketika rajin berolahraga termasuk berlatih pencak silat. Mungkin awalnya anda akan merasa ciut ketika melawan musuh yang gagah perkasa dan tegap. Akan tetapi ketika anda telah belajar pencak silat rasa percaya diri anda akan timbul dan terasah perlahan-lahan dan akhirnya anda tidak ciut lagi dengan lawan yang gagah perkasa. Rasa percaya diri yang muncul tidak hanya perihal lawan tarung tetapi juga percaya diri dalam segala aspek kegiatan.

4.Menguatkan Kaki

Pencak silat adalah salah satu olahraga yang aktifitasnya banyak melatih kekuatan tangan dan kaki sehingga ketika belajar pencak silat salah satu manfaat yang akan didapat adalah kaki yang semakin kuat. Di dalam pencak silat teknik-teknik yang biasanya dilakukan untuk memperkuat kekuatan kaki adalah latihan kuda-kuda depan, sampin dan tengah. Selain itu juga kekuatan kaki juga dilatih dengan lompatan-lompatan dan tendangan.

5.Menambah Mood Agar Lebih Baik

Menurut peneliti bahwa latihan fisik yang dilakukan secara rutin akan menambha dan membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Dengan perasaan atau mood yang lebih baik tidak heran jika seorang pendekar pencak silat akan terhindar dari kondisi stress. Anda akan merasakan sebuah kebahagiaan ketika berolahraga secara rutin.

6.Mengajarkan nilai-nila kehidupan yang baik

Didalam setiap aliran pencak silat khususnya di Indonesia pasti selalu memiliki ajaran rohani atau falsafah yang baik. Hal ini diajarkan agar setiap pendekar tidak hanya menjadi pendakar yang bisa pencak, namun juga bisa menjadi seseorang yang memiliki adab dan kepribadian mulia di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Di dalam pencak silat biasanya juga di ajarkan nilai-nilai positif agar tidak sembarangan menggunakan kemampuannya secara ugal-ugalan. Pendekar pencak silat sejati pasti akan selalu menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang benar-benar harus digunakan.

7.Memperluas Jaringan Sosial

Saat berlatih pencak silat, tentunya setiap siswa yang sedang ikut latihan akan bertemu dengan orang-orang baru. Dengan mengenal orang-orang baru ini otomatis akan menambah jaringan sosial seseorang itu sendiri. Beberapa pencak silat bahkan memiliki organisasi yang sangat terstruktur. Sehingga anda juga bisa berbaur didalamnya menjadi kesatuan yang ikut berperan menjaga budaya bangsa Indonesia berupa pencak silat. 

Dengan memperluas jaringan sosial di dunia pencak silat, bukan tidak mungkin anda mampu menjadi pendekar pencak silat yang menoreh prestasi untuk Indonesia melalui berbagai kompetisi yang ada. Tetapi jika ingin menjadi atlet pencak silat haruslah memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai atlet dan ada latihan tambahan yang harus dilalui. 

8.Melatih Pernafasan dan Kekuatan Inti Tubuh

Tidak dapat di pungkiri bahwa manusia memiliki kekuatan inti didalam dirinya. Anda tentu pernah melihat vidio atau peragaan anggota pencak silat melakukan atraksi mematahkan bata, bergantung di bola neon, mematahkan kikir, mematahkan balok es berlapis, semua itu menggunakan kekuatan inti dalam tubuh manusia melalui latihan pernafasan yang diajarkan dalam pencak silat. Hampir seluruh pencak silat di Indonesia memiliki latihan teknik perbafasan untuk melatih tubuh. Dengan latihan pernafasan yang di ajarkan didalam pencak silat maka akan otomatis melatih kekuatan inti didalam tubuh. Hal-Hal seperti ini hanya ada didalam pencak silat.

Jadi, sudahkah anda mengikuti sampai selesai salah satu latihan pencak silat di Indonesia ? atau setelah membaca artikel manfaat pencak silat ini anda menjadi tertarik. Terutama pada 2018 Indonesia menjadi juara umum pencak silat, tentu menjadi motivasi tersendiri bagi anda. Salam Silat, selamat berlatih.

Back To Top