Blog Seputar Persaudaraan Setia Hati Terate

Atraksi PSHT dalam Peringatan HUT RI Ke-74 Desa Pebenaan

Sahar.ID - Seperti tahun tahun sebelumnya Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-74 beragam acara dan kegiatan dilaksanakan di Desa Pebenaan. Salah satunya adalah penampilan atraksi seni pencak silat dari Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Desa Pebenaan.



Penampilan Atraksi dilakukan ketika kerumunan masyarakat telah berkumpul ramai sebelum tertib upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di laksanakan.

Atraksi dilakukan semata-mata untuk meramaikan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74 di Desa Pebenaan.

Ada 6 bagian penting dalam atraksi tersebut yaitu, Bagian pertama pembukaan dan 5 bagian lainnya adalah gerakan seni pencak silat. Gerakan atraksi diperagakan oleh 8 Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Desa Pebenaan secara bergantian dalam lima bagian.

Atraksi dimulai pada bagian pertama yaitu pembukaan. Pembukaan dibagian awal atraksi oleh Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Desa Pebenaan dilakukan dengan berlarinya warga PSHT dari barisan secara berurut menuju titik tengah lapangan upacara senada dan sambil membentuk lingkaran. Setelah semua anggota yang berlari membentuk lingkaran gerakan selanjutnya dilakukan dengan melakukan gerakan pembukaan sambung Persaudaraan Setia Hati Terate secara serentak di tengah lapangan dengan posisi melingkar. Setelah gerakan pembukaan selesai para anggota Persaudaraan Setia Hati Terate Desa Pebenaan duduk bersilah. Kemudian dilanjutkan gerakan bagian kedua.

Pada penampilan bagian kedua ini, atraksi dilakukan oleh mbak Ulfa secara tunggal atau sendiri. Gerakan yang dibawa seni tunggal jurus IPSI tanpa belati dan Toya’. Selesai penampilan dari mbak ulfa, atraksi dilanjutkan pada bagian ketiga yakni dilanjutkan oleh Mas Sulaiman.

Mas Sulaiman melanjutkan gerakan dengan menampilkan gerakan lanjutan jurus IPSI menggunakan toya’ dan belati. Hingga selesai penampilan dibagian ketiga ini dan Mas Sulaiman duduk kembali di posisinya dan atraksi dilanjutkan pada bagian ke-empat oleh mbak Galuh dan Mbak Dila.

Pada bagian ke-empat yakni penampilan mbak galuh dan mbak dila, atraksi yang dilakukan adalah Sambung seni pencak silat di tengah lingkaran. Tidak begitu lama, atraksi dilanjutkan ke bagian lima dengan waktu yang cukup singkat oleh Mas Fadil dan Mas Andi. Penampilan yang disajikan juga atraksi seni sambung pencak silat menggunakan belati (golok IPSI) dan toya’.

Belum selesai ketegangan para penonton melihat atraksi bagian-bagian sebelumnya, atraksi pada bagian enam di mulai yaitu penampilan mas Asse’ dan mas Susilo. Mereka juga menampilkan seni sambung yang apik dan seru seperti bagian sebelumnya.

Kemudian atraksi penampilan seni pencak dari warga Persaudaraan Setia Hati Terate diakhiri dengan berdirinya para anggota yang melingkar yang kemudian kembali berlari kecil menuju barisan dan kembali berbaris rapi untuk dilanjutkan mengikuti upacara sakral peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74 di Desa Pebenaan.

Tulisan Berasal  dari Saharuddin Albugisi yang berprofesi sebagai penulis blog diberbagai media blog, Salah satu topik tulisannya membahas tentang Tutorial  di Internet.
Tag : Kabar PSHT
Back To Top