Blog Seputar Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna dan Arti Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate



Salam Persaudaraan! 


Persadaraan Setia Hati Terate merupakan salah satu perguruan pencak silat yang berlandaskan Persaudaraan yang kuat antar anggotanya. Semua anggota Persaudaraan Setia Hati Terate sebelum resmi di sahkan menjadi warga Persaudaraan Setia Hati Terate haruslah di tempah terlebih dahulu melalui latihan. Latihan di Persaudaraan Setia Hati Terate meliputi jasmani, mental, spritual, batin dan lain-lain. Persaudaraan Setia Hati Terate juga merupakan salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia saat ini, bahkan perkembangannya telah menyebar ke mancanegara seperti korea, belanda, hongkong, Australia, dan lain sebagainya.
Sama halnya dengan organisasi atau perguruan lain, Persaudaraan Setia Hati terate juga memiliki Lambang atau logo sebagai salah satu unsur pengenalnya. Pada tiap-tiap bagian gambar di lambang Persaudaraan setia hati terate memiliki makna dan arti masing-masing yang harus melekat pada setiap anggota Persaudaraan Setia Hati Terate sebagai wujud tujuan dari Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate itu senidiri, yaitu mendidik manusia agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur tahu baik dan salah.

Berikut ini arti dan makna dari lambang Persaudaraan Setia Hati Terate.

Segi Empat Panjang


Segi Empat pada Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki makna Perisai.Maksudnya adalah Warga PSHT harus mampu memprisai dirinya dengan ahlakul karimah atau akhlak mulia.

Dasar Hitam


Dasar Hitam pada Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki makna kekal dan abadi.Maksudnya di dalam Persaudaraan Setia Hati Terate, Persaudaraan yang di kenal adalah Persaudaraan yang kekal dan abadi. Bahkan menganggap saudara seperguruan lebih dekat dari pada saudara sekandung sendiri.

Hati Putih bertepi merah


Hati putih bertepi merah pada lambang Persaudaraan setia hati terate memiliki arti atau makna Cinta kasih ada batasnya.

Merah Melingkari Hati Putih


Merah Melingkari hati putih pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki arti atau makna berani mengatakan yang ada di hati / kata hati.Maksudnya setiap warga PSHT harus berani mengatakan apa yang ada dihatinya atau kata hatinya.

Sinar


Sinar pada Lambang persaudaraan Setia Hati Terate memiliki arti dan makna Jalannya hukum alam / hukum kelimpahan.Makna sinar ini juga bisa berarti menerangi orang lain yang sedang kegelapan.

Bunga Terate


Bunga Terate pada Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki makna kepribadian yang luhur.
Bunga Terate Mekar, Setengah Mekar, dan Mekar Sekali

Bungan Terate Mekar,  Setengah Mekar dan Mekar sekali pada Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki arti dan makna dalam bersaudara tidak membeda-bedakan latar belakang. Maksudnya orang SH Terate tidak membeda-beda kan latar belakang seperti kaya dan miskin, cantik dan jelek dsb.

Senjata Silat


Senjata Silat pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki makna Pencak Silat sebagai benteng Persaudaraan.Maksudnya Warga Persaudaraan Setia Hati Terate berpedoman pada akhlak mulia dan sebagai senjata melawan pengaruh buruk.

Garis putih tegak lurus di tengah-tengah merah


Garis putih tegak lurus di tengah-tengah merah pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki makna “Berani karena benar, takut karena salah”.Maknanya bisa juga berarti manusia asalnya tidak ada, kemudian ada, lalu kembali menjadi tidak ada.

Persaudaraan Setia Hati Terate


Tulisan “Persaudaraan Setia Hati Terate” pada lambang Persaudaraa Setia Hati Terate memiliki makna mengutamakan hubungan antar sesama yang tumbuh dari hati yang tulus, ikhlas dan bersih. Apa yang dikatakan keluar dari hati yang tulus dan Kepribadian yang luhur.

Hati Putih bertepi merah


Hati putih bertepi merah yang terletak di tengah – tengah lambang Persaudaraan Setia Hati Terate memiliki arti dan makna netral.Maksudnya tidak memihak alias adil.

Itulah sekilas arti dan makna dari Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate yang maknanya amat luhur. Di beberapa daerah memaknai lambang PSHT dengan arti yang sedikit berbeda namun tidak lepas dari makna di atas, hanya saja ada pegembangan maksud dari lambang, akan tetapi tetap mengarah ke pekerti yang luhur sesuai dengan Tujuan Persaudaraan Setia Hati Terate itu sendiri.
Tag : TENTANG PSHT
Back To Top